Selasa, 30 Maret 2021

WORKSHOP PENINGKATAN KEMAKMURAN MASJID MELALUI SDM TAKMIR

Takmir masjid adalah pelayan ummat dan bukan penguasa masjid. Maka agar ia bisa nelayani sebaik-baiknya seharusnya mengetahui tentang tata kelola masjid yang benar. 

Dalam ilmu manajemen kemasjidan dikenal tiga (3) unsur yang harus secara bersama-sama digarap agar terwujud kemakmuran masjid adalah

1. Idarah yang meliputi struktur organisasi & kepengurusan, perencanaan/program kerja, administrasi dan laporan/evaluasi 

2. Imarah meliputi pelaksanaan ibadah, PHBI, Pembinaan Remaja, Pengelolaan Zakat, infaq dan shodaqoh.

3. Ri'ayah meliputi verifikasi arah kiblat, pengelolaan sarana prasarana, manajemen asset, kebersihan dan keamanan.

Inilah sebagian kecil hasil dari mengikuti Workshop Meningkatkan Kemakmuran Masjid Melalui SDM Takmir Masjid Angkatan ke-2. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Urais Kantor Kementerian Agama Propinsi DIY berlangsung di Forriz Hotel Yogyakarta 29 dan 30 Maret 2021 diikuti oleh 50 peserta yang merupakan utusan dari Kantor Kemenag Kabupaten Kota 15 orang dan 35 orang berasal dari Pengurus Takmir Masjid Besar dan Masjid Jami' di DIY.

Acara dibuka oleh Kasi Urais Kanwil Kemenag DIY Bpk. H. Nadhif, S.Ag, MSi. Bertindak selaku narasumber adalah Prof.Dr. Muhamad dari Pengurus DMI Propinsi DIY;  Dr. KH. Irfan Masduki, LC dari Ponpes Mlangi; Farri Alfian, SE.MM. dari Kemenag Jakarta; dan Ustadz M. Jazir, SP. Ketua Dewan Syuro' Masjid Jogokaryan Yogyakarta.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan ditutup oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY Bapak Drs. H. Edi Gunawan, M.Pd.

Ini link youtube nya...

https://youtu.be/V4lgxMQkNI8






0 komentar:

Posting Komentar